Jumat, 27 Maret 2009

PROPOSAL "TEKNIK KOMPUTER JARINGAN"

LEMBAR PENGESAHAN

Proposal Permohonan Pembukaan Program Keahlian Tehnik Komputer Jaringan
Di SMK YPB Purwakarta ini
Disusun dalam rangka menindaklanjuti
Kebijakan Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia
Dalam Broad Based Education (BBE)
Dengan Pendekatan Pembelajaran Life Skill dan KBK

Disusun dan ditindaklanjuti oleh :
SMK YPB Purwakarta
Jl. Raya Sukatani KM.10 Purwakarta
Telp. (0264)271481
E-mail : smkypb@yahoo.com



Disyahkan di kota Purwakarta
Pada tanggal Pebruari 2009
Oleh :

Ketua Kepala
Yayasan Pendidikan Bangsa, SMK YPB Purwakarta,




H.M. Sudiat Drs. Bambang Siswandono
NIP. 1318 862 194


KATA PENGANTAR

Pengembangan Program Keahlian Tehnik Komputer Jaringan di SMK YPB Purwakarta dilakukan sebagai usaha untuk memberikan pelayanan pendidikan pasca SMP, dengan tujuan agar lulusannya nanti dapat menjadi pekerja mandiri, pekerja di Industri Jaringan Komputer atau tehnologi lainnya yang mengkait dengan industri komputer belakangan ini.
Hal tersebut merupakan langkah strategis, mengingat bidang pekerjaan untuk lulusan program Tehnik Komputer Jaringan sangat dibutuhkan di bursa tahun – tahun ini maupun di waktu – waktu mendatang. Realitas ini dapat dilihat dari maraknya tehnologi informatika.
SMK YPB Purwakarta memberanikan diri membuka Program Keahlian Tehnik Komputer Jaringan karena telah memiliki sarana prasarana, tenaga pengajar dan fasilitas pendukung yang untuk tahap awal sangat berpotensi untuk mengembangkan program keahlian tersebut. Oleh sebab itu proposal ini kami ajukan dalam rangka untuk melegimitasi program Keahlian baru tersebut.
Atas bantuan dan ijin yang Bapak/Ibu berikan kami ucapkan terima kasih.


Purwakarta, Pebruari 2009
Kepala SMK YPB Purwakarta



Drs. Bambang Siswandono
NIP. 131 862 194

DAFTAR ISI


Kata pengantar ………………………………………………………………….
Daftar Isi ………………………………………………………………………...
BAB I : PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang …………………………………………….
1.2 Tujuan dan Sasaran Pengembangan ………………………….
1.3 Visi dan Misi …………………………………………….
1.4 Profil SMK YPB Purwakarta………………………….
BAB II : POTENSI DAN PELUANG PENGEMBANGAN PROGRAM
KEAHLIAN TEHNIK KOMPUTER JARINGAN
2.1. Potensi SMK YPB Purwakarta …..……………………………
2.2. Peluang SMK YPB Purwakarta ……………………………….
BAB III : STARTEGI IMPLEMENTASI
3.1 Jangka Pendek …………………………………………….
3.2 Rencana untuk Jangka Pendek ……………………………….
3.3 Strategi Implementasi …..…………………………………….
BAB IV : PENUTUP
4.1 Kesimpulan …….…………………………………………….
4.2 Saran ………………………………………………………….
REFERENSI
LAMPIRAN – LAMPIRAN

BAB I
PENDAHULUAN


1.1 LATAR BELAKANG
Sehubungan dengan upaya mewujudkan dan menindaklanjuti Kebijakan Dikmenjur tentang Reposisi Pendidikan Kejuruan menjelang tahun 2020 mengisyaratkan bahwa arah Pembinaan dan Pengembangan Sekolah berorientasi pada penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dapat menjadi asset pemerintah daerah dalam rangka otomoni daerah sekaligus mempersiapkan tenaga kerja yang memiliki kompetensi dan daya saing untuk menghadapi era global.
Sebagai konsekuensinya adalah SMK YPB Purwakarta sebagai salah satu lembaga penyelenggara pendidikan merasa berkewajiban untuk berperan serta membekali tamatannya dengan kecakapan hidup ( life skill ) secara integratif, yang memadukan potensi generik dan spesifik, guna memecahkan dan mengatasi problema hidup. Kecakapan hidup yang mestinya dimiliki oleh setiap tamatan yang akan terjun ke masyarakat tersebut antara lain, Kecakapan mengenal diri ( personal skill ), kecakapan berpikir rasional ( thinking skill ), kecakapan social ( social skill ), kecakapan akademik ( academic skill ) dan kecakapan kejuruan ( vocational skill ).
Disisi lain belakangan ini angka pengangguran semakin tinggi. Karenanya ada 3 (tiga) hal yang dapat diusulkan untuk mengatasi pengangguran tersebut, yaitu :
1) Mencari kerja membuka usaha mandiri
2) Pekerja menggarap sektor perikanan ( kelautan )
3) Pekerja menggarap sektor pertanian (melalui kegiatan transmigrasi)
Ketiga sektor merupakan kesempatan yang terbuka lebar karena 2/3 luas daerah Indonesia adalah laut dan banyak tanah pertanian di luar Jawa yang masih tidur belum tergarap. Alternatif pertama, dimana pencari kerja membuka usaha sendiri adalah suatu langkah yang tepat tetapi sukar untuk diwujudkan karena banyaknya aspek yang mempengaruhinya, antara lain kompetensi dan keamampuan yang dimiliki oleh pencari kerja tersebut masih rendah.
Dalam usaha mewujudkan altenatif yang pertama (pencari kerja membuka usaha mandiri) maka diperlukan suatu pendidikan dan pelatihan (Diklat) bagi pencari kerja yang berusia diatas 15 tahun (lulusan SLTP) dengan Program Keahlian yang layak jual dan sangat dibutuhkan dipasar kerja pada era sekarang maupun untuk masa – masa mendatang. Salah satu program keahlian tersebut adalah Program Tehnik Komputer Jaringan..
Program Keahlian Tehnik Komputer Jaringan yang dikembangkan di SMK YPB Purwakarta berhasil mengembangkan misi Pendidikan Nasional dan menghasilkan lulusan yang benar – benar berdaya guna di masyarakat, bilamana terdapat kondisi ideal yang terpenuhi. Diantaranya peralatan praktek yang memadai, kurikulum (silabus) diklat yang mutahir dan tenaga pengajar yang kompeten. Tiga hal inilah yang akan bersama – sama diwujudkan oleh SMK YPB Purwakarta dengan dukungan penuh dari Dinas Pendidikan Kota Purwakarta dan Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan. Komitmen bersama ini penting guna merealisasikan semua hal telah diuraikan di atas.

1.2 Tujuan dan Sasaran SMK YPB Purwakarta
1.2.1 Tujuan
a. Memberikan pendidikan dan pelatihan untuk program keahlian Tehnik Komputer Jaringan, kepada para lulusan SMP (Sekolah Menengah Pertama) agar mereka memiliki kompetensi bidang Tehnik Komputer Jaringan yang masih langka
b. Menjadi wirausaha bidang Teknik Komputer Jaringan setelah lulus dari SMK YPB Purwakarta
c. Atau menjadi pekerja kelas menengah di sekctor industri jaringan
d. Mengutamakan penyiapan siswa untuk memenuhi lapangan kerja serta mengembangkan sikap professional
e. Agar tamatan Sekolah Menegah Kejuruan mempunyai peluang yang semakin besar untuk memasuki lapangan kerja di dalam dan di luar negeri
f. Agar tamatan Sekolah Menengah Kejuruan memiliki bekal yang kuat untuk berhasil dalam melakukan usaha mandiri
g. Menyiapkan siswa agar mampu memilih karir, mampu berkompetensi dan mampu mengembangkan diri
h. Menyiapkan tenaga kerja tingkat menengah untuk mengisi kebutuhan dunia usaha dan dunia industri pada saat ini maupun masa yang akan datang
i. Menyiapkan tamatan agar menjadi warga negara yang produktif, adaptif dan kreatif

1.2.2 Sasaran Pengembangan
• Mengoptimalkan proses kegiatan belajar mengajar, karena ditunjang oleh peralatan yang memadai, kurikulum ( silabus ) yang mutahir dan tenaga pengajar yang kompeten.
• Siswa lulusan SMP/ MTs Negeri/Swasta di Kota Purwakarta merupakan sasaran pengembangan ideal untuk menghasilkan tamatan Teknik Komputer dan Jaringan yang kompetetitif di dunia usaha/industri.

1.3 VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH
Visi SMK YPB Purwakarta
Menjadi lembaga pendidikan yang unggul dalam teknologi dan menghasilkan sumber daya manusia yang maju dalam berpikir, sopan dalam ucapan dan santun dalam bersikap

Misi SMK YPB Purwakarta
Membina sumber daya manusia yang terampil, cerdas dan berpikiran maju serta memberikan pelayanan yang maksimal untuk mencapai prestasi tertinggi sebagai wujud nyata pengabdian kepada bangsa dan negara

Tujuan SMK YPB PURWAKARTA
a. Mengutamakan penyiapan siswa untuk memenuhi lapangan kerja serta mengembangkan sikap professional
b. Agar tamatan Sekolah Menegah Kejuruan mempunyai peluang yang semakin besar untuk memasuki lapangan kerja di dalam dan di luar negeri
c. Agar tamatan Sekolah Menengah Kejuruan memiliki bekal yang kuat untuk berhasil dalam melakukan usaha mandiri
d. Menyiapkan siswa agar mampu memilih karir, mampu berkompetensi dan mampu mengembangkan diri
e. Menyiapkan tenaga kerja tingkat menengah untuk mengisi kebutuhan dunia usaha dan dunia industri pada saat ini maupun masa yang akan datang
f. Menyiapkan tamatan agar menjadi warga Negara yang produktif, adaptif dan kreatif
g. Mengembangkan peserta pendidik yang memiliki imtaq dan berakhlak mulia
h. Menciptakan peserta didik yang berjiwa ksatria menghadapi tantangan zaman
i. Mengembangkan peserta pendidik yang mampu berkompetisi di era global

1.4 Profil SMK YPB Purwakarta
1. Nama Sekolah : SMK YPB Purwakarta
2. NSS : 324022011007
3. Alamat : JL. Raya Sukatani KM. 10 Purwakarta
Jawa Barat 41167
E-mail : smkypb@yahoo.com
4. SK Pendirian :
Nomor : C.10480301
Tanggal : 03 Mei 1999
5. Bidang/Program Keahlian : - Teknik Pemesinan (Terakreditasi B)
- Teknik Mekanik Otomotif (Terakreditasi B)
- Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik
(Terakreditasi B)
- Teknik Komputer dan Jaringan
(masih dalam usulan)
6. Kepala Sekolah
a) Nama Lengkap : DRS. BAMBANG SISWANDONO
b) Pendidikan Terakhir : S.1
c) Jurusan : SASTRA JEPANG
d) No. SK Pengangkatan :
e) Tanggal : 18 Juni 2005
f) TMT : 2007


BAB II
POTENSI DAN
PROGRAM PENGEMBANGAN SEKOLAH

1 POTENSI DAN KELEMAHAN INTERNAL
1.1 Potensi Internal
• Telah memiliki guru dengan kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan program keahlian
• Telah memiliki sarana dan prasarana yang cukup memadai
• Lokasi sekolah yang mudah dijangkau
• Telah memiliki institusi pasangan untuk praktek kerja industri di DU/DI
• Jumlah peminat untuk menjadi calon siswa baru cukup baik, karena maraknya industri
1.1.1 Sarana/Prasarana dan Fasilitas (Hardware)
a. Letak Sekolah : Lokasi strategis, karena berada terletak di
jalur Jalan Raya Purwakarta Bandung dan dapat ditempuh angkutan umum diberbagai penjuru kota (termasuk 4 (empat) Kecamatan yaitu Kecamatan Sukatani, Darangdan, Plered dan Jatiluhur.
b. Luas Tanah : 2115 m2
c. Fasilitas Lahan Terbuka
Lahan Terbuka Jumlah
Lapangan Basket 1
Lapangan volley 1
Lapangan Bendera 1
d. Fasilitas gedung/ruang yang dimiliki terdiri dari :
Gedung/Ruang Jumlah Luas (m2) Keterangan
Ruang Teori/Kelas 14 961,4 Kondisi Baik
Ruang Teori/Kelas 3 86,4 Kondisi Rusak
Perpustakaan 1 20 Kondisi Baik
TU 1 30 Kondisi Baik
Laboratorium Komputer 1 50 Kondisi Baik
Ruang Ibadah 1 18 Kondisi Baik
Gudang 2 10 Kondisi Baik
Ruang OSIS 1 16 Kondisi Baik
Ruang Penjaga Sekolah 1 4 Kondisi Baik

1.1.2 Kurikulum Edisi 2004 (Software) dan KTSP
1.1.3 Tenaga Kependidikan dan Peserta Diklat (Brainware)
a. Tenaga Kependidikan
No Kelompok Guru Jenjang Pendidikan
S - 2 S-1 D3 D4 Jml
1 Guru Produktif - 16 2 - 18
2 Guru Adaptif - 13 - - 13
3 Guru Normatif - 9 - - 9
4 BP / BK - 1 - - 2
Jumlah - 40 2 - 42

b. Peserta Diklat
Peserta diklat (siswa) jumlahnya cukup mengembirakan dan dari table data siswa berikut ini dapat terlihat perkembangannya

NO TAHUN PELAJARAN JUMLAH SISWA PERKELAS
I II III JML. SISWA SELURUHNYA
1 TAHUN 2006 / 2007 202 114 153 469
2 TAHUN 2007 / 2008 163 187 99 412
3 TAHUN 2008 / 2009 115 140 172 420
Dari tabel tersebut terlihat adanya peningkatan jumlah siswa dan potensi internal ini perlu dikembangkan dan diperhitungkan.

2 Kesempatan ( Peluang )
• Program Keahlian Tehnik Komputer Jaringan merupakan program keahlian yang layak jual, karena banyak dibutuhkan oleh masyarakat (baca : peluang kerja), sehingga diharapkan lulusannya dapat bekerja secara proposional di bidang yang berkaitan dengan tehnologi dan industri bidang Teknik Komputer Jaringan
• Memiliki peluang untuk dikembangkan dengan mengadopsi pola – pola KBK (kurikulum Berbasis Kompetensi) dan KBP (Kurikulum Berbasis Produksi)
• Banyak bidang dan lapangan pekerjaan yang bersinambungan (baca : membutuhkan) kompetensi / keahlian Tehnik Komputer Jaringan.

3 Jumlah Calon Siswa Proram Keahlian Teknik Komputer Jaringan
No Nama SMP Jumlah Siswa
1 SMPN 1 Sukatani
2 SMPN 2 Sukatani
3 SMPN 3 Sukatani
4 SMPN 1 Darangdan
5 SMPN 2 Plered
6 SMPN 5 Darangdan
7 SMPN 1 Plered
8 MTs. Al-Wathon
9 MTs. Assalam Plered

BAB III
STRATEGI IMPLEMENTASI

1. JANGKA PENDEK
1.1 Rencana Kegiatan untuk Jangka Pendek
No Kegiatan yang akan dilakukan Rencana Kegiatan
1 Melakukan usaha untuk memperoleh Ijin Operasional Program Keahlian Tehnik Komputer Jaringan dari Dinas Pendidikan Kota Purwakarta dan Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat Pebruari – Juni 2009
2 Melengkapi sarana dan prasarana program Keahlian Tehnik Komputer Jaringan Juli 2009 – Desember 2009
3 Melengkapi jumlah guru Keahlian Tehnik Komputer Jaringan yang sesuai dengan kebutuhan Januari 2009 – Juni 2009
4 Memperluas Networking dengan DU/DI Januari 2009 – Juni 2009
5 Implementasi Kurikulum KTSP untuk Program Keahlian Tehnik Komputer Jaringan Januari 2009 – Juni 2009


Strategi Implementasi

BAB IV
PENUTUP

1. KESIMPULAN
• Pengembangan Program Keahlian Tehnik Komputer Jaringan di SMK YPB Purwakarta dilakukan sebagai usaha untuk memberikan pelayanan Pendidikan Pasca SMP, dengan tujuan agar lulusannya nanti dapat menjadi pekerja mandiri, pekerja di industri informatika dan sektor – sektor lain yang saat ini banyak membutuhkan keahlian Tehnik Komputer Jaringan. Berdasar fakta yang ada posisi pekerja tersebut masih langka dan didominasi oleh lulusan perguruan tinggi.
• Merupakan langkah strategis untuk mengatasi pengangguran terdidik, karena terbukti lulusan program keahlian Tehnik Komputer Jaringan banyak yang bekerja sebagai wiraswastawan (freeline) di banyak industri maupun bekerja mandiri yang kreatif memproduksi komputer.
• SMK YPB Purwakarta memberanikan diri membuka Program Keahlian Tehnik Komputer Jaringan karena telah memiliki sarana prasarana, tenaga pengajar dan fasilitas pendukung yang sangat memungkinkan dibukanya Program Keahlian Tehnik Komputer Jaringan.

2. SARAN
• Ijin operasional untuk Program Keahlian Tehnik Komputer Jaringan sangat diperlukan untuk mendukung keberlangsungannya program keahlian tersebut, oleh sebab itu sangat itu sangat diharapkan kesediaan Bapak / Ibu pengambil Kebijakan memberikan Ijin Operasional untuk dibukanya Program Keahlian Tehnik Komputer Jaringan di SMK YPB Purwakarta mulai tahun pelajaran 2009/2010 nantinya.

REFERENSI

Depdiknas. 2001. Konsep Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill Education (Buku1),
Jakarta : Tim Broad Base Education Depdiknas.
Depdiknas. 2001. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Jakarta
Direktorat Dikdasmen
Depdiknas. 2002. Pengembangan Standar Kompetensi, Jakarta, Direktorat Dikmenjur.
Depdiknas. 2002. menuju Penerapan Secara Utuh Pendidikan dan Pelatihan Berbasis,
Kompetensi (Competency Based Training), Jakarta, Direktorat Dikmenjur
Depdiknas. 2002. Model – Model pengujian Berbasis Kompetensi, Jakarta, Direktorat
Dikmenjur
Depdiknas. 2002. peranan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dalam
Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), Jakarta, Direktorat
Dikmenjur
Depdiknas. 2002. kerangka Kualifikasi nasional Indonesia (KKNI) dalam
Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), Jakarta, Direktorat
Dikmenjur
Sager, S. 1985 Motivasi dan Disiplin Kerja Karyawan untuk Meningkatkan
Produktivitas & Produksi, Jakarta : LSIUP
Sergiovani, JT. 1991. The Principalship : A Reflective Practice Pers Ective. Texas :
Allyin and Bacon Company
Siagian, S.P. 1985 Teori Motivasi dan Applikasi. Jakarta : Bina Aksara
Taschereau, S. 1998. Evaluating the Impact of Training and Instituional Development Program : A Collabolative Approach. Washington : D.C : The World
Bank
--------------------- 1990, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia : Sistem Pendidikan
Nasional, Semarang : Aneka Ilmu
--------------------- 1999, Undang – Undang Otonomi Daerah 1999, Semarang : Aneka
Ilmu

LAMPIRAN

1. Lampiran 1 : Data Siswa dan Guru SMK YPB Purwakarta
2. Lampiran 2 : Daftar Pengajar Program Keahlian Tehnik Komputer Jaringan
tahun Pelajaran 2008/2009
3. Lampiran 3 : Daftar DU/DI yang akan menjalin Kerjasama dengan Program
Keahlian Tehnik Komputer Jaringan
4. Lampiran 4 : Daftar Sarana Prasarana yang telah dimiliki oleh Program
Keahlian Tehnik Komputer Jaringan

Lampiran 1 :
DATA GURU PENGAJAR SMK YPB PURWAKARTA

No Kelompok Guru Jenjang Pendidikan
S - 2 S-1 D3 D4 Jml
1 Guru Produktif - 7 - 1 8
2 Guru Adaptif - 12 - 2 14
3 Guru Normatif - 6 1 - 7
4 BP / BK - 1 - - 1
Jumlah - 26 1 3 30

DATA SISWA SMK YPB PURWAKARTA

NO TAHUN PELAJARAN JUMLAH SISWA PERKELAS
I II III JML. SISWA SELURUHNYA
1 TAHUN 2004 / 2005 202 114 153 469
2 TAHUN 2005 / 2006 163 187 99 412
3 TAHUN 2006 / 2007 115 140 172 420


Lampiran 2 :

DAFTAR PENGAJAR BIDANG PRODUKTIF
TEHNIK KOMPUTER JARINGAN
TAHUN PELAJARAN 2007/2008
No Nama Pendidikan
1 Evi Sofiah, ST S1 Teknik Informatika UNPAS Bandung
2 Andri Handriasnyah,ST S1 Teknik Informatika UTAMA Bandung
3 Yana Supriatna, S.ST D4 Komputer Akuntansi Poltek TEDC Bandung
4 Slamet Riyadi, A.Md D3 Manajemen Informatika STMIK Subang
5 Abas, SE S1 Manajemen STIE YPN Karawang

Lampiran 3 :

DAFTAR SARANA DAN PRASARANA
TEHNIK KOMPUTER JARINGAN
TAHUN PELAJARAN 2007/2008

No Nama Barang Volume
1 Meja 30 buah
2 Komputer P4 (1,2) 30 buah
3 Kamera digital Samsung Digimax 1 buah
5 LCD Sony 1 buah
6 Printer 2 buah
7 Scanner 1 buah

Lampiran 4 :

TEHNIK KOMPUTER JARINGAN
TAHUN PELAJARAN 2007/2008

3 komentar:

  1. Betul, pak segera bereskan proposalnya agar kami tenang dan nyaman untuk belajar

    BalasHapus
  2. Bos dbs ntar kalo ketemu, thnx

    BalasHapus