Sabtu, 21 Agustus 2010

Penemu Nama "INDONESIA": Bastian atau Logan?

Penemu Nama "INDONESIA": Bastian atau Logan?
Kepulauan Hindia?
Melayunesia?
Indunesia?
Indonesia?

 
Doktor Richard H Hopper, Wakil Presiden American Overseas Petroleum Ltd, anggotan Indonesian Council Asia Society di New York pernah menjelaskan perihal nama Indonesia. Penjelasan Dr. Richard tertuang dalam artikelnya yang dimuat di majalah Asia (1971). Antara lain ia menyatakan, melalui suatu rentetan keadaan yang tidak biasa, ia akhirnya menyadari bahwa nama Indonesia telah dikemukakan seorang keturunan Inggris pada tahun 1850 di Singapura. Ia kini nyaris dilupakan. Namanya : James Richardson Logan.
Alasan Dr. Richard di majalah Asia tersebut ialah karena semakin banyak buku yang menyatakan bahwa nama Indonesia dikemukakan pertama kali oleh etnolog Jerman, Adolf Bastian. Pada tahun 1884. Kenyataannya : Logan telah mendahului Bastian 34 tahun. Bukti ini juga telah dinyatakan oleh Dr. Muhammad Hatta, Wapres RI pertama, dalam suatu tulisan singkat di Negeri Belanda pada tahun 1928. Sungguhpun demikian, Bastian masih tetap dianggap orang yang menemukan nama Indonesia.
Dari sekian banyak buku yang menegaskan bahwa Bastianlah yang memberi nama "Indonesia" kepada pulau-pulau kecil di Kepulauan Melayu ialah Encyclopedia van Nederlandsch-indie (Leiden 1918), jilid 2 halaman 143; The Dutch East Indies (Hindia Timur Belanda) oleh Amry Vandenbosch (University of California Press, 1941), halaman 315; dan Nusantara, A History of the East Indian Archipelago (Nusantara, Sejarah Kepulauan Hindia Timur) oleh BHM Vleke (Harvad University Press, 1945), halaman 328.
to be continued....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar